PEMAHAMAN DAN KESIAPAN WARGA MAN 4 CIREBON DALAM IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Authors

  • Nurrohmat IAIN Syekh Nurjati Coirebon

Keywords:

Pemahaman GLS, Kesiapan GLS, Implementasi GLS.

Abstract

ABSTRAK

 

Dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), pemahaman yang baik tentang Gerakan Literasi dan kesiapan yang baik untuk menerapkan Gerakan Literasi sudah semestinya dimiliki oleh semua warga sekolah/madrasah. Hal ini dikarenakan  gerakan Literasi Sekolah merupakan gerakan partisipatif yang melibatkan semua komponen warga sekolah/madrasah, seperti kepala madrasah, guru, pustakawan, peserta didik, dan komite madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan langkah-langkah kepala MAN 4 Cirebon dalam membangun pemahaman Gerakan Literasi Sekolah terhadap warga sekolah; 2) mendeskripsikan pemahaman warga MAN 4 Cirebon mengenai konsep Gerakan Literasi Sekolah, 3) mendeskripsikan kesiapan warga MAN 4 Cirebon dalam implementasi Gerakan Literasi Sekolah, dan 4) mendeskripsikan ketercapaian tahapan  implementasi Gerakan Literasi Sekolah di MAN 4 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan teknik analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala MAN 4 Cirebon memiliki cara dalam membangun pemahaman Gerakan Literasi Sekolah terhadap warga MAN 4 Cirebon melalui unsur-unsur strategi komunikasi dan melalui langkah-langkah sebagai berikut:  mengadakan pelatihan internal tentang Gerakan Literasi Sekolah; membentuk Tim Literasi Sekolah/Madrasah;  menyusun rencana aksi Gerakan Literasi Sekolah; sosialisasi rencana aksi Gerakan Literasi Sekolah; dan adanya tindak lanjut. Adapun gambaran pemahaman yang dimiliki warga MAN 4 Cirebon terkait konsep Gerakan Literasi menunjukkan bahwa konsep Gerakan Literasi yang dipahami oleh kepala madrasah, guru, dan pustakawan  tidak hanya terbatas pada komponen baca-tulis saja. Sedangkan konsep Gerakan Literasi yang dipahami oleh peserta didik dan komite madrasah masih terbatas pada komponen baca-tulis. Namun, pemahaman warga MAN 4 Cirebon mengenai peran mereka  dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah sudah sangat baik. Kesiapan yang dimiliki oleh warga MAN 4 Cirebon terdiri dari kesiapan materiil seperti perpustakaan madrasah, pojok baca, mading, dan kesiapan anggaran. Sedangkan kesiapan non materiil yang dimiliki adalah kesiapan pengetahuan tentang Gerakan Literasi dan kesiapan manajerial melalui tim literasi sekolah/madrasah. Tahapan implementasi Gerakan Literasi pada MAN 4 Cirebon baru tahap pembiasaaan dengan bentuk kegiatan berupa pembiasaan membaca selama 15 menit dan kunjungan wajib ke perpustakaan, serta mengikuti lomba-lomba literasi. Indikator pencapaian tahapan literasi pada tahap pembiasaan di lingkungan warga  MAN 4 Cirebon memenuhi sembilan indikator dari sepuluh indikator pencapaian.

 

Kata Kunci: Pemahaman GLS,  Kesiapan GLS,  Implementasi GLS.  

Downloads

Published

2020-04-30