SARKASME DALAM KOMENTAR AKUN INSTAGRAM @RAHMAWATIKEKEYIPUTRICANTIKA23 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Authors

  • Wiji Kusumaningtyas Wiji kusumaningtyas Membership

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sarkasme dalam komentar akun instagram @Rahmawatikekeyiputricantika23 dan mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa indonesia di SMA kelas X semester 2 pada KD 10.1 memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau media elektronik.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah komentar akun instagram @Rahmawatikekeyiputricantika23, wujud data yang digunakan adalah berupa penggalan kata atau kalimat sarkasme yang digunakan dalam kolom komentar akun instagram @Rahmawatikekeyiputricantika23. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. penelitian ini menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu. Teknik penyajian hasil analisi data dalam penelitian ini menggunakan metode informal.
Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam komentar akun instagram @Rahmawatikekeyiputricantika23 terdapat 5 jenis sarkasme. (1) Sarkasme Sebutan 17, (2) Sarkasme Sifat 15, (3) Sarkasme Leksikal 12, (4) Sarkasme Like Prefixed 9, (5) Sarkasme Illokusi 7. Hasil penelitian menunjukkan Sarkasme Sebutan lebih banyak digunakan penutur dalam berkomentar dibandingkan sarkasme jenis lainnya. Sarkasme sebutan sering digunakan karena bertujuan untuk menyinggung dan menghina orang lain.
Kata Kunci: Sarkasme, Akun @Rahmawatikekeyiputricantika23 dan implikasi pembelajaran di SMA

Downloads

Published

2022-01-25