PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 5 NAGRI KALER PURWAKARTA

Authors

  • firda destriani STKIP Purwakarta

Keywords:

Model Pembelajaran koopertatif tipe think pair share, keterampilan menulis deskripsi

Abstract

ABSTRACT

This research is motivated by the low essay writing skills of the fourth grade students of SDN 5 Nagri Kaler Purwakarta Regency. The problem to be raised in this study is whether using cooperative learning models think pair share can improve student learning outcomes in writing essay descriptions? The goal to be achieved in this study is to help improve student learning outcomes in writing description essays by using cooperative learning models of think pair share type. The research method used in this study is the Classroom Action Research Method (CAR), while the CAR model used is the Sanford and Kemmis Combined CAR models. This class action research was carried out into three action cycles in which each cycle consisted of plans, observational actions, and reflections. The instrument used in this study was a student achievement test. Based on the results of research conducted from the stages of cycle I to cycle III shows an increase in student learning outcomes is characterized by data obtained by the average value of student learning outcomes in the first cycle 53.11, in the second cycle increased to 78.06 in the cycle III to 80.13. So the research can be concluded that the application of cooperative learning models think pair share type can improve student learning outcomes in writing essay descriptions

 

Keywords: Cooperative Learning Model think pair share type, description writing skills

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 5 Nagri Kaler Kabupaten Purwakarta. Masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan model PTK yang digunakan adalah model PTK Gabungan Sanford dan Kemmis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan kedalam tiga siklus tindakan di mana dalam setiap siklusnya terdiri dari rencana,tindakan observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dari tahap siklus I sampai dengan siklus III menunjukan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa ini ditandai dengan data yang diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 53,11, pada siklus II meningkat menjadi 78,06  pada siklus III menjadi 80,13. Maka pada penelitian dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi..

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran  koopertatif tipe think pair share, keterampilan menulis deskripsi,

 

Downloads

Published

2019-08-26