PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Iman Solahudin STKIP Yasika

Keywords:

Model Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan  dari penelitian  ini  untuk  mengetahui peningkatan  hasil  belajar  Matematika siswa  di SMAN 1 Jatitujuh Kabupaten Majalengka melalui pembelajaran berbasis masalah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, dimana obeservasi, tes, wawancara serta dokumentasi menjadi instrumen mengumpulkan data. Dalam prosedur penelitian dilakukan melalui 2 siklus untuk mengukur hasil penelitiap ini, yang masing-masing siklus memuat: 1. Tahapan perencanaan (planning), 2. pelaksanaan (acting), 3. pengamatan (observing), dan 4. refleksi (reflecting). Adapun Hasil dari penelitian ini adalah: Rata-rata skor yang dicapai di akhir siklus I adalah 75,68 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 57,14% dan Rata-rata  skor  yang  dicapai  di  akhir  siklus  II adalah 80,51 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 88,57%. Dapat disumpulkan bahwa model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan Hasil belajar Matematika siswa yang semula rata-rata nilai siswa 6,5 masih dibawah 70% indicator ketuntasan siswa

Downloads

Published

2021-02-28