IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH PROGRAM LINIER
Keywords:
Lesson Study, pembelajaran berbasis masalah, program linierAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif yang mendeskripsikan hasil pengamatan aktifitas mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki pembelajran mata kuliah Program Linier melalui Lesson Study. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV tahun akademik 2020/2021. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran berasis masalah melalui Lesson Study pada materi metode simplek. Pengumpulan data dilakukan Melalui beberapa tahap yaitu tahap perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do) dan refleksi (See) yang berfokus pada aktivitas dan kemampuan mahasiswa. Penelitian ini dilakasanakan untuk mengamati aktivitas dan kemampuan mahasiswa dalam setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah melalui Lesson Study pada mata kuliah program linier meningkat. Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan metode simpleks juga mengalami peningkatan.