UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

(PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP IT Shobarul Yaqien Kawunggirang Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2016/2017)

Authors

  • Dian Ardiansyah Alumni Angkatan XII

Keywords:

Hasil Belajar , Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw.

Abstract

Matematika dianggap memegang peranan penting dalam keseharian manusia, karena matematika melatih seorang untuk berfikir logis, kritis dan kreatif. Peranannya begitu penting dalam kehidupan, matematika mendapat keistimewaan dengan memiliki jam pelajaran lebih banyak dari pada mata pelajaran lain di sekolah. Pelajaran matematika diberikan pada semua jenjang mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan perguruan tinggi. Akan tetapi pada kenyataannya masyarakat masih berpandangan negatif terhadap matematika. Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang menarik bagi siswa bahkan siswa berasumsi bahwa pelajaran matematika itu sulit, matematika dianggap sebagai pelajaran yang sukar dan membosankan sehingga pelajaran matematika menjadi kurang disenangi, yang akhirnya berpengaruh pada rendahnya hasil belajar matematika. Banyaknya guru matematika yang masih menggunakan model konvensional, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar yang menyebabkan hasil belajarnya rendah, hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang  remedial pada setiap ulangan harian. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, model ini berupa pembelajaran kooperatif dengan memperhatikan keheterogenan, bekerjasama positif dan setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP Islam Terpadu Shobarul Yaqien Kawunggirang-Majalengka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penyajian sistimatika dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh guru dan kolabolator dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mengenai hasil dari tindakan-tindakan untuk tercapainya KKM. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII B di SMP IT Shobarul Yaqien Kawunggirang Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 12  siswi dan 16 siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berimplikasi baik terhadap peningkatkan hasil belajar matematika secara kognitif dan afektif siswa, berdasarkan pengamatan oleh observer aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika pada siklus pertama aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata dari nilai 5 dari 11 indikator dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata sebesar 10 dari 11 indikator. Peningkatan hasil belajar siswa dalam  pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua, yakni meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang signifikan antara siklus I (39%)  ke siklus II (86%) yaitu sebesar (86% - 39% ) = 45%.

 

 

Downloads

Published

2021-03-27